Pengertian Sistem Informasi Geografis



Pengertian Sistem Informasi Geografis Menurut Para Ahli  - Sistem Informasi Geografis atau yang dalam bahasa inggris disebut Geographic Information System (GIS) adalah suatu sistem informasi khusus yang berfungsi untuk mengelola data-data yang memiliki sebuah informasi yang spesial. Dalam artian yang lebih sempit, adalah suatu sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi-infformasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database.

Berikut inilah beberapa pengertian Sistem Informasi Geografis menurut para ahli.

Aronoff (1989)
Sistem Informasi Geografis adalah suatu sistem berbasis komputer yang memiliki kemampuan dalam menangani data bereferensi geografi yaitu pemasukan data, manajemen data (penyimpanan dan pemanggilan kembali), manipulasi dan analisis data, serta keluaran sebagai hasil akhir (output). Hasil akhir (output) dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada masalah yang berhubungan dengan geografi.

Gistut (1994)
Sistem Informasi Geografis adalah sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spasial dan mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut.

Chrisman (1997)
Sistem Informasi Geografis  adalah sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data, manusia (brainware), organisasi dan lembaga yangdigunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi-informasi mengenai daerah-daerah di permukaan bumi.

Bernhardsen (2002)
Sistem Informasi Geografis sebagai sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akusisi dan verifikasi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan dan pembaharuan data, manajemen dan pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan dan presentasi data serta analisa data.

Demikian informasi yang dapat saya berikan tentang Pengertian Sistem Informasi Geografis Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi Geografis"

Posting Komentar