Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli



Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli  - Sistem Informasi Akuntansi atau yang biasa disingkat SIA adalah proses pengumpulan, penggolongan dan pengolahan data-data yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak yang berkepentingan. Berikut inilah beberapa pengertian sistem informasi akuntansi menurut para ahli.

Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu rerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan (Wilkinson, 1991)

Bodnar dan Hopwood (2006)
Sistem informasi akuntansi merupakan kumpulan sumber daya seperti manusia dan peralatan yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya ke dalam informasi.

Wing (2006)
Sistem informasi akuntansi adalah sekumpulan perangkat sistem yang berfungsi untuk mencatat data transaksi, mengolah data, dan menyajikan informasi akuntansi kepada pihak internal (manajemen perusahaan) dan pihak eksternal (pembeli, pemasok, pemerintah, kreditur dan sebagainya).

Demikian informasi tentang Pengertian SistemInformasi Akuntansi Menurut Para Ahli yang dapat saya berikan, sekian dan terima kasih.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli"

Posting Komentar