Pengertian Pendapatan Nasional


Pengertian Pendapatan NasionalSebelumnya saya sudah memberikan pengertian pendapatan. Kali ini juga tentang pendapatan, namun tentang pengartian pendapatan nasional, berikut inilah pengertiannya.

Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode,biasanya selama satu tahun.

Pendapatan nasional adalah barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode tertentu.

Pendapatan Nasional dapat diartikan sebagai produk nasional kotor atau GNP (Gross National Product) atau dapat juga berarti produk nasional bersih atau NNP (Net National Product). Akan lebih baik jika diketahui terlebih dahulu maksud dari masing – masing pengertian yang mengkaji masalah Pendapatan Nasional:
GNP (Gross National Bruto) Produk Nasional Bruto adalah nilai barang atau jasa yang diproduksi oleh suatu negara dalam suatu periode tertentu (satu tahun) yang diukur dengan satuan uang. Produk nasional bruto dihitung dengan menjumlahkan semua nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk Indonesia yang berada di Indonesia dan penduduk Indonesia yang berada di luar negeri.
Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product/GDP) adalah nilai barang dan jasa ysng diproduksi oleh suatu negara dalam suatu periode tertentu yang dihitung dengan cara menjumlahkan semua hasil dari warga negara yang bersangkutan ditambah warga negara asing yang bekerja di negara yang bersangkutan.

Demikian informasi tentang pengertian pendapatan nasional yang dapat saya berikan, Sekian.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Pendapatan Nasional"

Posting Komentar