Jenis, Tujuan dan Pengertian Sistem Pengendalian Intern


Jenis, Tujuan dan Pengertian Sistem Pengendalian InternSistem Pengendalian Intern adalah suatu istilah yang sangat sering digunakan di berbagai macam kepentingan. Istilah Pengendalian intern diambil dari terjemahan istilah “Internal Control”.
Pengertian Pengendalian intern menurut commite on Auditing Procedur American Institute of Carified Public Accountant (AICPA)
Pengendalian intern mencakup rencana organisasi dan semua metode serta tindakan yang telah digunakan dalam perusahaan untuk mengamankan aktivanya, mengecek kecermatan dan keandalan dari data akuntansinya, memajukan efisiensi operasi, dan mendorong ketaatan pada kebijaksanaan-kebijaksanaan yang telah ditetapkan pimpinan (James 1997:155).

Jenis Sistem Pengendalian Intern
Pengendalian Intern Akuntansi (Preventive Controls)
Pengendalian Intern Akuntansi dibuat untuk mencegah terjadinya inefisiensi yang tujuannya adalah menjaga kekayaan perusahaan dan memeriksa keakuratan data akuntansi. Contoh : adanya pemisahan fungsi dan tanggung jawab antar unit organisasi.
Pengendalian Intern Administratif (Feedback Controls)
Pengendalian Administratif dibuat untuk mendorong dilakukannya efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakkan manajemen.(dikerjakan setelah adanya pengendalian akuntansi) Contoh : pemeriksaan laporan untuk mencari penyimpangan yang ada, untuk kemudian diambil tindakan.

Pengendalian Intern yang diciptakan dalam suatu perusahaan harus mempunyai beberapa tujuan. Sesuai dengan definisi yang dikemukakan AICPA tersebut diatas, maka dapatlah dirumuskan tujuan dari Pengendalian Intern yaitu :
Menjaga keamanan harta milik perusahaan.
Memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi.
Memajukan efisiensi operasi perusahaan.
Membantu menjaga kebijaksanaan manajemen yang telah ditetapkan lebih dahulu untuk dipatuhi. (Zaki, 1999:14).

Demikian informasi tentang Jenis, Tujuan dan Pengertian Sistem Pengendalian Intern yang dapat saya berikan, sekian dan terima kasih.

Related Posts:

0 Response to "Jenis, Tujuan dan Pengertian Sistem Pengendalian Intern"

Posting Komentar